Sekolah Demokrasi Sanggau
BERANDA
PROFIL
AGENDA
PENGUMUMAN
PUBLIKASI
PESERTA
GALERI
ARTIKEL
TULISAN PESERTA

KONTAK
BUKU TAMU
TAUTAN
:: artikel

Beraum Kearifan Lokal Aplikasi Demokrasi
Sukarela mengerjakan lahan pertanian secara bergantian sebagai hasil kemufakatan merupakan khas cara bergotong royong ala masyarakat Sanggau, yang hingga kini masih terus terjaga...


Mahasiswa KKN UGM Tawarkan Desai Muara Kantuk


Jumat, 22 Agustus 2014 19:58 WIB

an image

Citizen Reporter
Alexander Indra
Peserta Sekolah Demokrasi Sanggau

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Mahasiswa-mahasiswi Universitas Gajah Mada (UGM) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Kabupaten Sanggau ikut berpartisipasi Pameran Pembangunan yang dilaksanakan Pemda Sanggau dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) KE-69 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Bupati Sanggau, 19-23 Agustus 2014.

Dalam pameran tersebut para mahasiswa memamerkan tiga hasil karya inovasi dalam mengatasi beberapa persoalan yang ada di Kabupaten Sanggau. Satu di antara anggota tim KKN Fakultas Kedokteran Jurusan Gizi Kesehatan UGM menerangkan pameran ini dilakukan bertujuan untuk memamerkan hasil KKN yang sudah dilakukan.

Ada tiga persoalan yang terjadi di Sanggau berikut solusi yang ditawarkan oleh para mahasiswa. Pertama, soal Tripikon S atau tiga pipa. Ini dirancang sebagai solusi pembuangan kotoran atau buang air besar di jamban. Tripikon ini nantinya akan mengolah kotoran sehingga yang di buang ke sungai benar-benar air yang kadar kotoran dan bakterinya sudah jauh berkurang. Kedua, permasalahan tanaman Horti dengan metode Vertikultur. Konsep dasar ini merupakan upaya penataan lahan. Dengan metode ini, kita dapat berkebun dengan pekarangan yang sempit juga pada lahan yang kurang subur. Selain itu, secara estetika (seni dan keindahan) dapat digunakan untuk memperindah taman atau pekarangan.

Ketiga, soal desain Muara Kantu (MK). Ini dirancang oleh anggota tim KKN dari Fakultas Teknik UGM untuk menanggapi permasalahan banjir yang sering kali dihadapi oleh masyarakat sekitar MK serta penataan yang ramah lingkungan.

Dalam stan pameran UGM ini, tidak hanya ketiga inovasi yang dipamerkan. Di stan KKN UGM juga dipajang foto-foto ketika mereka melaksanakan KKN. Tim KKN UGM di Sanggau memang dibagi dalam beberapa cluster (gugus / kelompok). Ketiganya, antara lain kesehatan, teknik, pertanian dan sosial. Bagi masyarakat, khususnya pelajar Kota Sanggau yang ingin mengenal lebih dekat UGM atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang inovasi-inovasi tersebut. Ia mengajak pelajar atau masyarakat luas untuk mengunjungi stan UGM.

Sumber : http://pontianak.tribunnews.com/2014/08/22/mahasiswa-kkn-ugm-tawarkan-desain-muara-kantuk



© 2010-2013 sekolahdemokrasi.elpagar.org
email : sekolahdemokrasi@elpagar.org
Kerjasama antara ELPAGAR, Komunitas Indonesia untuk Demokrasi dan Kemitraan.