Sekolah Demokrasi Sanggau
BERANDA
PROFIL
AGENDA
PENGUMUMAN
PUBLIKASI
PESERTA
GALERI
ARTIKEL
TULISAN PESERTA

KONTAK
BUKU TAMU
TAUTAN
:: tulisan peserta

HARGA GETAH MENURUN HARGA BARANG MELAMBUNG

Usup Suardi (Peserta Sekolah Demokrasi 2014)

Dikampung saya, khususnya di Dusun Muara Ronai Desa Semombat Kecamatan Jangkang, rata-rata masyarakatnya bermatapencaharian bertani karet ( penoreh ). Sedangkan kalau dilihat dari harga karet sekarang, sangat tidak mengimbangi dengan kebutuhan bahan pokok. Sehingga dari segi pendapatan, ekonomi masyarakat sangat minim dan memprihatinkan.

Yang jadi permasalahannya seka- rang adalah mengapa harga getah sangat menurun? Hal ini diakibatkan oleh dua faktor penyebab menurunnya harga getah, antara lain: 1. Ulah para tengkulak atau para pengepul yang memonopoli harga getah 2. Kualitas karet masyarakat yang rendah sehingga mengurangi daya beli ditingkat nasional maupun internasional menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut harus ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri supaya mengupayakan peningkatan kualitas hasil getahnya, agar harga ge- tah bisa meningkat sehingga sesuai den- gan harga kebutuhan pokok. Harapan kita disatu sisi harus ada campur tangan dari Pemerintah Daerah dan Pusat un- tuk mengawasi dan memonitor harga karet agar para tengkulak tidak semenamena lagi memainkan harga karet.

(Sumber : Rawai 14)


© 2010-2014 sekolahdemokrasi.elpagar.org
email : sekolahdemokrasi@elpagar.org
Kerjasama antara ELPAGAR, Komunitas Indonesia untuk Demokrasi dan Kemitraan.