Sekolah Demokrasi Sanggau
BERANDA
PROFIL
AGENDA
PENGUMUMAN
PUBLIKASI
PESERTA
GALERI
ARTIKEL
TULISAN PESERTA

KONTAK
BUKU TAMU
TAUTAN
:: tulisan peserta

POTENSI SENIMAN KAMPUNG

Stepanus Aceny (Peserta Sekolah Demokrasi 2014)

Pembuat lesung, gelas, dan asbak dari kayu dibawa ke pulau Jawa untuk pelatihan khusus. Orang kampung kerap menyapanya dengan nama Kinyu berusia 40-an tahun, beliau berlatar pen- didikan rendah. Beliau adalah seorang tukang pengolah potongan-potongan kayu dari belian, bekas-bekas pembuatan konsoi (peti mati) dan pohon yang masih hidup, untuk diukir dan diolah menjadi barang yang berguna seperti asbak, lesung, teko, gelas, dan berbagai macam model lainnya yang bernilai ekonomi.

Minggu 13 April kemarin ada- lah hari yang sangat berharga bagi beliau, karena pada hari Minggu tersebut beliau dibawa oleh pemerintah melalui instansi terkait ke Jawa untuk dilatih dan diberi bimbingan dalam kegiatan seninya. Selama beliau berkarya beliau tidak pernah menduga pekerjaan yang sesederhana dan berkapasitas kecil-kecilan yang dia miliki dapat membawanya ke pulau Jawa bahkan ke luar negeri.

Tempat kediaman beliau adalah kampung Mabit desa Semongan, kecamatan Noyan, kabupaten Sanggau. Mabit ada- lah kampung yang sangat terisolir dari segala aspek, seperti ekonomi, pembangunan dan infrastruktur. Seperti halnya kalau beliau memasarkan hasil karyanya, beliau berjalan kaki dengan membawa jarai besar atau karung karena beliau tidak pandai mengendarai motor. Kadang-kadang jika daerah pemesanannya jauh, hasil karyanya diantar oleh adiknya dengan sepeda motor. .

Hampir seluruh warga sekecamatan Noyan mengenal beliau karena pekerjaannya bahkan orang luar kecamatan, kabupaten, propinsi mengenali beliau dari profesi yang dijalaninya. Maka dari itu saya sebagai penulis mengambil kesimpulan bahwa sekecil apa pun dan sesederhana apa pun pekerjaan kita harus disyukuri dan dinikmati karena dari pekerjaan kita bisa di kenal oleh orang banyak.

(Sumber : Rawai 14)


© 2010-2014 sekolahdemokrasi.elpagar.org
email : sekolahdemokrasi@elpagar.org
Kerjasama antara ELPAGAR, Komunitas Indonesia untuk Demokrasi dan Kemitraan.